Internet

Perkembangan teknologi yang sangat pesat mendorong penyelenggara jasa internet menyediakan layanan yang memanjakan komunikasi internet para penggunanya di seluruh dunia yang telah terhubung. Komunikasi personal antar individu dalam satu wilayah di dalam negeri dan dengan di wilayah lain di luar negeri terhubung dengan cepat dan hampir tanpa jeda dan tanpa batas.

Teknologi internet awalnya adalah teknologi yang tujuannya menghubungkan komunikasi data antara perangkat-perangkat elektronik. Seiring dengan perkembangannya komunikasi data antar perangkat elektronik tersebut meningkat dengan komunikasi elektronik yang lebih mudah dipahami oleh manusia sebagai pengguna perangkat elektronik tersebut. Pengiriman data-data secara elektronik tidak lagi harus dikonversikan dalam bentuk kode atau sandi elektronik yang hanya dipahami para teknisi tetapi data yang lebih tinggi kualitas penyajiannya.

Komunikasi tersebut diawali dari terkirimnya data yang kemudian dikenal dengan surat elektronik atau electronic mail dan disingkat Email. Perkembangan ini menandai teknologi pengiriman data secara elektronik dan mengurangi waktu pengiriman data secara konvensional melalui kurir. Kualitas pengiriman kemudian secara cepat berkembang tidak hanya data teks tetapi volume teks yang makin banyak tetapi hal ini menuntut kecepatan yang makin tinggi, keamanan transmisi pengiriman/penerimaan yang makin tinggi, dan kemudahan dalam pengoperasian peralatan.

Teknologi yang awalnya dikembangkan sejak tahun 1960-an dan digunakan untuk komunikasi militer akhirnya dikembangkan lagi untuk komunikasi data untuk non militer. Perkembangan teknologi dan infrastruktur telekomunikasi mendorong pemanfaatan internet menjadi lebih meluas. Pada akhirnya teknologi komunikas internet menemukan kendaraannya yaitu dengan dicetuskanya nama domain, website, dan Email. Kecepatan transmisi data semakin cepat didukung infrastruktur dan teknologi tinggi.

….. bersambung

WhatsApp Contact us via WhatsApp