Pentester: Penetration Tester (WebNetSecurity)

Pentester, kependekan dari Penetration Tester saat ini menjadi profesi profesional bidang Teknologi Informasi yang memerlukan keahlian khusus. Tugas utamanya adalah sebagai penguji keamanan sebuah sistem jaringan komputer termasuk di dalamnya adalah situs yang terhubung secara online, database, aplikasi sistem internal, internal system termasuk personil.

Sebagai Penguji (pentester) akan membuat simulasi tertentu sesuai dengan kriteria standar dan khusus tergantung kondisi sistem dan permintaan. Simulasi yang dimaksud adalah menyesuaikan dengan seberapa mampu sistem keamanan jaringan dimaksud mampu menahan dan atau menghalau serangan dari luar sistem. Tingkat kesulitannya tergantung dari kasus yang ditemui pada saat akan dimulainya pengujian.

Laporan yang lengkap, rinci dan terbuka menjadi kunci penyelesaian masalah kebocoran yang terjadi dan tingkat pengamanan diterapakan lebih baik untuk menangkal serangan yang akan berakibat pada terganggunya komunikasi data antar user yang terjadi dalam sistem jaringan tersebut. Konsep yang disusun berdasarkan informasi yang diperoleh menjadi pedoman dalam menyelesaikan masalah semisal bug, exploit, sql, error dan lainnya. Hasil pengujian dan penyelesaian masalah didokumentasikan secara rinci sehingga dapat diketahui perbandingan antara sebelum dilakukan pegujian dan setlah pengujian.

Profesi sebagai Pentester tidak sekedear skill yang diakui dengan adanya sertifikat tetapi juga skill ketika dilakukan pengujian serta kemampuan menjaga kerahasiaan client dan pendokumentasian pengujian. PPIK memiliki jaringan komunikasi profesional dengan para Pentester Indonesia sehingga materi yang disampaikan sesuai dengan kondisi sebenarnya di lapangan. Teori, Praktek Pengujian, Tips & Trik, hasil Trial & Error serta prediksi sebagai langkah pencegahan disampaikan dengan terbuka sesuai dengan pengalaman yang dimiliki oleh pembicara dimaksud.

WhatsApp Contact us via WhatsApp